Cara Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri ( SADARI )

Cara Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri ( SADARI ) Guna Mendeteksi Gejala Kanker Payudara

Cara Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri ( SADARI ).-Seperti kita ketahui bahkan sudah sering berbagai pihak menjelaskan bahwa kanker payudara merupakan penyakit pembunuh bagi kaum hawa.Bahkan dinegara kita sendiri penyakit ini merupakan penyebab kematian akibat kanker terbesar pada wanita.

Akan tetapi beberapa kalangan berpendapat bahwa penyakit kanker payudara besar kemungkinan dapat disembuhkan apabila mampu dideteksi gejalanya secara dini.Sehingga penyakit ini bisa dengan cepat ditangani.Karena salah satu penyebab tingginya kasus kematian akibat penyakit ini ialah terlambat ditangani.Hal ini di amini oleh badan kesehatan dunia WHO yang merilis keterangan bahwa satu dari dua pasien kanker payudara  akan meninggal dunia karena terlambat ditangani.

Cara Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri ( SADARI )

Untuk itu sangat penting bagi anda kaum wanita mengetahui bagai mana ciri ciri kanker payudara serta melakukan pemeriksaan payudara sendiri ( SADARI ) sebagai salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara.Di indonesia sendiri kesadaran akan langkah ini masih sangat rendah sehingga sangatlah disayangkan mengingat hal ini sangat penting untuk dilakukan sebagai langkah awal menghadapi penyakit kanker yang mematikan dan mengerikan ini.

Menurut Dr Walta Gautama Kepala Instalasi Deteksi Dini dan Onkologi Sosial RS Kanker Dharmais ” SADARI ( pemeriksaan payudara sendiri ) itu seharusnya menjadi kesadaran setiap wanita. SADARI membantu perempuan mengenali payudara dan membantu perempuan menemui kanker sedini mungkin “.

Nah berikut ini adalah beberapa cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri ( SADARI ) yang bisa anda lakukan sebagai upaya dan cara mendeteksi kanker payudara yang harus anda khususnya wanita ketahui dan perhatikan yakni :

1. Berdirilah tegak menghadap cermin dalam kondisi terang. Amati jika adanya perubahan pada bentuk, permukaan kulit payudara, terjadi pembengkakan, atau perubahan pada bagian puting.

2. Angkat kedua lengan dan letakkan di belakang kepala. Setelah itu, dorong siku ke depan dan amati payudara Anda. Dorong juga siku ke belakang dan amati bentuk serta ukuran payudara. Ketika melakukan gerakan ini, otot dada akan berkontraksi.

3. Letakkan kedua tangan pada pinggang, lalu condongkan bahu ke depan. Kembali dorong kedua siku ke depan dengan kuat sehingga membuat otot dada berkontraksi. Amati apabila terdapat perubahan pada payudara Anda.

4.Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku. Sementara itu, gunakan tangan kanan untuk meraba dan menekan area payudara. Cermati seluruh bagian kedua payudara dan raba hingga ke area ketiak. Raba lah dengan gerakan lurus dari atas ke bawah payudara dan sebaliknya. Kemudian lakukan gerakan melingkar di payudara. Lakukan juga dengan gerakan lurus dari tepi lingkaran payudara ke daerah puting dan sebaliknya.

5.Cubit kedua puting. Lalu, cermati apakah ada cairan yang keluar dari puting payudara Anda.

6. Lakukan dalam posisi tidur. Letakkan bantal di bawah pundak kanan dan angkat lengan kiri ke atas. Kemudian amati payudara sebelah kanan sambil melakukan gerakan meraba seperti langkah keempat. Gunakan jari-jari Anda untuk tekan seluruh bagian payudara hingga daerah ketiak. Lakukan pula pada payudara sebelah kiri.

sumber : health.kompas.com

Langkah pemeriksaan kanker payudara sendiri ( SADARI ) ini sebaiknya dilakukan 1 sampai 3 bulan sekali dan sebaiknya pemeriksaan dilakukan antara 7-10 hari setelah hari pertama menstruasi. Sebab, saat itu kepadatan payudara sedang berkurang. Untuk yang telah menopause, lakukan SADARI ( pemeriksaan payudara sendiri ) pada tanggal yang sama setiap bulan atau tiga bulan sekali.

Dan ketika anda mendapati adanya perubahan pada payudara anda yang mengarah kepada gejala kanker payudara maka segera lakukan pemeriksaan serta konsultasi kepada dokter sehingga segala bentuk atau dampak buruk dari gejala tersebut dapat segera diatasi.

Demikianlah sekilas tentang cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri ( SADARI ) ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta wawasan anda mengenai kanker payudara ini.Terima kasih banyak atas kunjungannya dihalaman sederhana kami dan sampai jumpa.

Baca Juga Artikel Tentang : Obat Kanker Payudara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


SEO Powered By SEOPressor